Produk

DS Produksi, 4 Hal Menjadi Pertimbangan Saat Bisnis Baju Bersama Teman

DS Produksi konveksi dan sablon



DS Produksi, Denah Seni olahan kain menjadi pakaian siap pakai sesuai dengan permintaan. Jadi DS Produksi adalah jasa konveksi untuk memenuhi kebutuhan baju seragam, baju promosi, dan bisnis baju. 

Bicara mengenai bisnis baju, dunia fashion seakan tak ada matinya. Hal ini terlihat dengan kian banyak brand lama dan baru mengeluarkan produk pakaian terbaru, apalagi saat bicara tentang pakaian untuk wanita, banyak sekali modelnya.

Apakah Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis baju? Sebelum terjun dunia bisnis pakaian, ada baiknya Anda perlu mempertimbangkan segala halnya. Memang bicara bisnis pakaian, bisnis pakaian secara resiko emang tergolong lebih rendah ketimbang bisnis makanan. Tapi, kamu juga ingat bahwa dalam membangun bisnis pakaian tak semudah membalikkan telapak tangan, bisnis apa pun dibutuhkan namanya proses, ingat tak ada namanya instan di dunia ini.

Mungkin kamu berpikiran tentang enaknya brand seperti uniqlo, H&M, dan brand fashion besar lainnya. Enggak ada salahnya juga membanyangkan brand besar. Namun, sekilas Erigo juga mengalami perjuangan enggak mudah untuk sampai pada titik ini. 

Kisah Erigo bisa dipetik sebagai pembelajaran bukanya bikin kamu malah takut untuk melangkah. Dan karena Anda telah mengetahui perjuangan dalam membangun bisnis pakaian itu tidak mudah apalagi dikerjakan secara sendiri.

Membangun bisnis pakaian secara sendiri, Anda akan dipusingkan dengan berbagai hal dari mempersiapkan brand, produksi berkualitas sebagai barang dagangan, cara memasarkan agar dapat pada target pasar, jika semuanya dijalankan secara sendiri maka Anda mendapatkan kendala begitu panjang yang mungkin rencana bisnis Anda hanya berjalan di tempat. 

Cerita bakal berbeda jika Anda memutuskan untuk menjalankan itu semua bersama seseorang, entah itu teman, keluarga atau siapa saja. Namun bukan berarti tanpa resiko juga. Menjalankan bisnis secara bersama menuai konflik yang berujung pertemanan akan retak. 

Dan jika Anda memilih mencari teman untuk dijadikan sebagai rekan bisnis pakaian, Anda juga perlu mempertimbangkan masak-masak, setidanya ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan kala membangun bisnis bersama. 

  1. Mempunyai konsep visi yang sama


Saat anda memutuskan untuk mencari seseorang dalam membangun bisnis pakaian, hal yang pertama perlu anda lakukan adalah membangun konsep visi yang sama. konsep dengan tujuan bersama bisa di tuangkan pada visi dan misi. 

Visi dan misi yang sama akan menjadi fondasi kuat dalam menggeluti dunia bisnis pakaian bersama. Sebab, beda pandangan sangat mungkin terjadi tatkala anda membangun bisnis secara bersama-sama. Jika terjadi beda pendapat yang bisa membuat bukan hanya bisnis pakaian yang hancur, tapi juga persahabatan. 

Maka Anda bisa secara bersama-sama kembali ke fondasi tatkala memutuskan untuk menjalin kerjasama dalam membangun bisnis pakaian.  Dengan begitu, perbedaan pandangan dalam menjalankan bisnis bersama bisa teratasi dengan kembali pada tujuan bersama dalam membangun bisnis bersama. 


    2. Buat Perjanjian Bersama

ilustrasi perjanjian, gambar diambil klkmania.net



Sebagaimana sudah dipaparkan sekilas, menjalankan bisnis secara bersama membuka ruang terjadinya konflik. Jika konflik tak teratasi maka bisa berujung bukanya hanya pada bubar bisnis pakaian, tapi juga retak sebuah hubungan. 

Karena itu, penting jika Anda membuat perjanjian secara tertulis. Surat perjanjian yang isinya tentang poin-poin mengenai kesepakatan kedua belah pihak, meliputi kesepakatan tentang modal, hak, dan kewajiban. 

Mungkin surat perjanjian ini tak begitu terlihat pentingnya saat masih dalam merintis. Tapi setidaknya surat perjanjian bisa menjadi acuan tatkala bisnis pakaian yang tengah digeluti bersama mulai berkembang dan ada kemungkinan terjadi perselisihan,  apalagi sifat manusia kadang susah ditebak dan sangat mungkin dengan berjalan waktu sifat manusia juga bisa mengalami perubahaan. 

    3. Bangun komunikasi dan hindari asumsi negatif 

Saat Anda telah memutuskan untuk bekerjasama dalam membangun bisnis pakaian, maka kalian juga harus berani meletakkan kepercayaan secara penuh. 

Hindari prasangka negatif pada rekan bisnis Anda lagi, apalagi hal negatif hanya berdasarkan pada asumsi saja. 

Asumsi yang negatif hanya akan berujung pada konflik saja. Dan untuk mencegah itu terjadi maka sebaiknya segala sesuatu perlu dikomunikasikan. 

Ingat dan perlu digarisbawahi, komunikasi adalah kunci utama agar bisnis yang tengah dijalani bersama tetap berjalan. Tak hanya itu saja, komuniksi juga akan menjadikan kalian tetap solit dalam membangun visi dan misi. Ingat setiap manusia mempunyai pemahaman dan persepsi yang berbeda-beda dalam melihat fenomena yang terjadi. 

    4. Jangan Lupa Bagi Tugas

Anda telah mengetahui bahwa membangun bisnsi pakaian secara sendiri tidaklah mudah. Untuk itu, Anda pun mencari rekan dalam menjalankan usaha bisnis tersebut.  Dan saat Anda telah sepakat dengan teman dalam membangun bisnis pakaian, maka kalian pun harus bisa saling membagi tugas. 

Pembagian tugas atau jobdes yang jelas akan mempermudah, sehingga tak ada tugas yang saling tumpang tindih. 

Misalnya, saat anda mulai bisnis pakaian secara online, pembagianya apa saja yang menjadi tugas Anda dan mana tugas rekan Anda.  Mulai dari bagian oprasional, promosi, dan target pasar. 

Bagaimana apakah cukup mudah dipahami. yups, kurang lebih begitulah 4 poin yang perlu menjadi bahan pertimbangan kala Anda ingin membangun bisnis pakaian secara bersama-sama. 

Mudah-mudah artikel ini dapat memberikan pembelajaran untuk kita semua dalam membangun bisnis pakaian. 

Dan jika dirasa kurang, siapa saja boleh menambhan poin-poin yang dianggap penting dalam sebuah bisnis dijalankan secara bersama-sama.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar